Asah Kemampuan Jurnalistik, BPD GBI Bekasi Adakan Pelatihan

Wartaindo.id, Bekasi- Memiliki kemampuan dasar jurnalistik tidak semata menjadi kebutuhan pokok wartawan dalam menjalankan tugasnya.

Di era pos truth seperti saat ini, kemampuan dalam menyaring informasi, mengolahnya menjadi berita hingga mempublikasikannya ikut menjadi kebutuhan dari masyarakat luas.

Khususnya, bagi mereka yang bergerak di bidang pengelolaan informasi seperti situs daring yang menjadi bagian dari sebuah lembaga, tak terkecuali lembaga gereja.

Dalam upaya memperlengkapi para anggotanya akan kebutuhan kemampuan pengelolaan informasi menjadi sebuah berita, Badan Pengurus Daerah Gereja Bethel Indonesia wilayah Bekasi (BPD-GBI Bekasi) mengadakan pelatihan dasar jurnalistik bagi tujuh Perwakilan Wilayah GBI yang ada Bekasi. Pelatihan diadakan di Bethel Center, kawasan perniagaan Mitra Lestari, Kota Bekasi (23/2/2023).

Pelatihan dasar jurnalistik menghadirkan empat orang pembicara dari Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (PEWARNA Indonesia), serta dibuka oleh Sekretaris II BPD-GBI Bekasi Pdm. Yonathan Setiawan Lumbanraja, M,Th.

Memulai sesi pelatihan, Pdt. Prambudi yang merupakan Ketua Departemen Pelatihan dan Sertifikasi PP PEWARNA Indonesia memberi pemahaman tentang dasar penulisan. Salah satu poin yang disampaikan kepada para peserta adalah cara pengumpulan dan merangkai informasi berdasarkan rumus “ASDIKAMBA” yakni Apa, Siapa, Di mana, Kapan, Mengapa dan Bagaimana, untuk kemudian diolah menjadi sebuah berita yang layak dikonsumsi publik.

Prambudi yang saat ini bertugas sebagai Humas Badan Pengurus Pusat GBI juga mengurai antara korelasi praktik jurnalistik dengan konsep pewartaan di Alkitab. Sebagai contoh, dirinya mengambil dari Kitab Keluaran 17:14, Lukas 1:1-3, Matius 5:37, Efesus 4:29 juga Efesus 5:3.

Sebagai lanjutan dari materi yang diberikan, pelatihan kemudian difokuskan kepada praktik pembuatan berita dengan menggunakan judul yang informatif, memunculkan rasa ingin tahu pembaca, serta bersifat singkat, padat dan jelas.

Materi kedua dibawakan oleh Daniel Tanamal, S.Sos. Jurnalis Radio Pelita Kasih yang juga pernah betugas di jawaban.com ini membagikan ilmu seputar teknik wawancara.

Klasifikasi wawancara, teknik melakukan pendekatan ke narasumber, riset tentang informasi sebelum melakukan wawancara, hingga menghimpun jenis pertanyaan yang akan diajukan juga turut dijelaskan Daniel secara komprehensif. Pembahasan dilanjutkan dengan materi seputar pemuatan dan cara membawakan berita di radio maupun melalui platform youtube, yakni podcast.

Pembicara ketiga, Nick Irwan. S.Sos, kemudian menjelaskan seputar Etika Jurmalistik dan Undang-Undang ITE. Nick membagikan keilmuannya tentang etika yang harus dijunjung oleh seorang pembuat berita yaitu harus berpihak kepada kebenaran, tidak membuat berita bermuatan fitnah, melindungi identitas korban suatu tindak kejahatan asusila maupun di bawah umur, juga membuat berita yang bersifat memiliki keberpihakan kepada publik.

Materi dilanjutkan dengan pengetahuan umum seputar UU ITE dan konsekuensi yang harus ditanggung bagi seorang penulis berita, advokasi bagi pembuat berita, termasuk cara mempublikasikan informasi dan berita secara aman melalui media sosial.

Di penutup, materi tentang pengelolaan website dibawakan oleh Pdt. Audy Waworuntu. Mantan teknisi informatika di sejumlah lembaga gereja dan perusahaan ini menjelaskan secara teknis penggunaan web yang akan dijadikan sebagai sarana komunikasi dan publikasi BPD-GBI Bekasi.

Terkait kegiatan ini, Sekretaris Jenderal PEWARNA Indonesia yang juga menjabat sebagai staf BPD-GBI Bekasi Pdt. Ronald Stevly Onibala mengatakan, melalui pelatihan tersebut diharapkan peserta bisa termotivasi untuk melakukan penulisan berita dan berkontribusi mempublikasinya melalui web milik BPD-GBI Bekasi.

Selain itu, para peserta juga berhak mendapatkan sertifikat pelatihan dasar jurnalistik dari PEWARNA Indonesia dan bisa mengajukan keanggotaan ke pengurus PEWARNA Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *