Mengurai Masalah Bangsa dan Negara Indonesia Kemarin Untuk Hari Esok Bersama Aspirasi Pada 27 Desember 2023

Wartaindo.id Jakarta Aspirasi Emak-emak Indonesia sebagai wadah kaum wanita Indonesia yang aktif dalam berbagai aktivitas politik, sosial dan keagamaan, akan mengadakan acara semacam evaluasi akhir tahun 2023 dari berbagai perspektif pemikiran, pandangan maupun profesi serta bidang pekerjaan.

Acara ngobrol bareng bersama sejumlah tokoh politik, ekonomi, budaya dan agama serta kesenian bahkan dari sudut pandang spiritualitas ini diharap dapat jadi bekal segenap warga bangsa Indonesia untuk memasuki tahun baru 2024 yang penuh tantangan, setidaknya dengan pelaksanaan Pemilu 2024 telah membuat suhu politik di Indonesia terasa panas.

Rencana pelaksanaan acara dialog bersama tokoh ini akan dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Desember 2023 mulai pukul 10.00 hingga selesai di Posko Aspirasi Jl. Pasti No. 26, Menteng, Jakarta Pusat.

Paparan evaluasi politik, ekonomi, budaya, agama dan kesenian serta telaah dan saran dari bilik spiritualitas bangsa Indonesia dalam beberapa tahun belakangan untuk memasuki tahun 2024 yang semakin berat, diharap dapat diurai oleh para tokoh Mayjen Rido Hermawan M.Sc, (Pertahanan dan Keamanan), Imam Ma’arif (Kiprah Seniman Indonesia), BEM UI (Kepedulian Mahasiswa), BEM Trisakti (Ada Apa Dengan Mahasiswa), Daeng Wahidin (Solidaritas dan Kebersamaan Dalam Gerakan Buruh), Sri Eko Sriyanto Galgendu (Penting dan perlunya Kecerdasan dan Gerakan Spiritualitas di Indonesia), Sri Lalu Gde Pharma (Fungsi dan Peran Masyarakat Adat dan Keraton di Indonesia), Idris Hadi (Kondisi sosial dan Politik Indonesia Hari ini dan Esok). Cak Rochim (Perspektif Sosio-politik, Ekonomi dan Budaya kita) Jatiningsih (Peranan Kaum Wanita Yang Terabaikan). Ustad Achmad Ghufron Sembara (Kebebasan dan kerukunan Umat Beragama), Doel Duantje (Peran Aktivis Media Untuk Perubahan). Marsma TNI AU Purn. Bastari. Agung Marsudi (Kondisi Ekonomi Rakyat hari ini dan esok). Irsyad Muchtar (Indonesia kemarin dan esok dalam harapan rakyat), Dr. Ir. Satrio Arismunandar (Dilema kebersamaan Bagi Kaum Pergerakan)

Acara evaluasi akhir tahun Aspirasi ini disepakati bersama Sekretaris Jendral Jatiningsih, Pembina Utama Muslim Arbie, Ustad Yasid Salman dan Ita Pakpahan di Posko Aspirasi mulai dengan acara makan pagi hingga makan malam di Jl. Pati No. 26 Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Wati Imhar Burhanudin, acara evaluasi yang diupayakan meliputi segenap aspek ini juga dimaksudkan ajang silaturahmi dan mengeratkan ikatan tali persaudaraan dalam gerakan bersama menjaga keharmonisan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Acara ini akan dipandu aktivis senior Muslim Arbie bersama Ita Pakpahan untuk menyimpulkan langkah-langkah teknis dan strategis bagi kaum pergerakan selanjutnya.

Kecuali itu, harapan yang tidak kalah penting dari hasil evaluasi bersama terhadap apa yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya ,hingga apa saja yang masih harus dilakukan pada tahun berikutnya, bisa menjadi bekal yang baik dalam upaya menjaga Indonesia secara bersama dan kompak dengan semangat dan ikatan persaudaraan yang abadi bersama Aspirasi.

Acara evaluasi akhir tahun sejumlah tokoh bersama Aspirasi Indonesia diharap bisa mengurai benang kusut dan meluruskan kembali tarikan benang itu kepada arah yang baik dan benar dalam satu pandangan yang sama. Jadi upaya mengurai masalah bangsa dan negara Indonesia kemarin untuk hari esok yang lebih baik merupakan optimisme yang harus dan patut dijaga bersama seluruh elemen bangsa.

Jakarta, 22 Desember 2023

*Sejumlah Nara sumber telah dikonfirmasi kesediaan dan kehadirannya untuk memenuhi acara evaluasi akhir tahun 2023 guna memasuki tahun 2024 bersama Aspirasi. Jacob Ereste

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *