PD PEWARNA Gelar Rakerda Waspada Sebarkan Berita Palsu

Wartaindo.id Manado Pelaksanaan agenda tahunan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Ke-IV tahun 2023, Pengurus Daerah Persatuan Wartawan Nasrani (Pewarna) Indonesia Sulawesi Utara sukses.

Kegiatan yang di laksanakan Jumat (22/09/2023) di Glorious Rahvana Park Manado di buka oleh Kepala bidang Bimas Kristen Kanwil Sulawesi Utara diwakili Pdt Dr Sonia Tampanguma dan dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat Pewarna Indonesia melalui zoom meeting serta anggota PD Pewarna Indonesia Sulawesi Utara.

Acara di dahului dengan ucapan selamat datang yang disampaikan plt Sekretaris Pewarna Indonesia Sulawesi Utara Jefri Lengkong dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan selanjutnya Pdt Midle Onibala membawakan doa untuk membuka rangkaian kegiatan.

Ketua Umum PP Pewarna Indonesia Yusuf Mudjiono yang di wakili Sekretaris Jenderal Pdt Ronald Stevly Onibala,MTh dalam sambutannya mengatakan dalam dunia yang semakin kompleks dan serba cepat seperti saat ini, seringkali ditemui dengan berbagai godaan untuk menyebarluaskan berita palsu atau informasi yang tidak benar demi kepentingan pribadi atau kelompok.

Namun, kata Onibala sebagai jurnalis Kristiani, Saya harus mengingat bahwa kita bertanggung jawab kepada Tuhan dan kepada sesama manusia dan kita memiliki panggilan untuk mewartakan kebenaran, bahkan jika itu tidak selalu populer atau menguntungkan.

“Mewartakan kebenaran bukan hanya tentang menyampaikan fakta yang benar, tetapi juga tentang memberikan sudut pandang yang seimbang, menghormati hak asasi manusia, dan mempromosikan perdamaian serta keadilan. Ini adalah nilai-nilai yang harus kita junjung tinggi dalam menjalani pekerjaan sebagai wartawan Kristiani,” kata Onibala.

Lanjut Onibala mengatakan dalam acara ini, PP Pewarna berharap Pewarna Sulut dapat berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang bagaimana Jurnalis Kristiani dapat lebih efektif dalam mewartakan kebenaran, terutama dalam konteks Sulawesi Utara yang memiliki beragam tantangan dan peluang.

“Mari Pewarna Sulut bersama-sama mencari cara untuk menjalankan panggilan dengan integritas dan ketulusan. Kiranya Pewarna Sulut akan merumuskan program-program yang akan memperkuat dan memajukan peran wartawan nasrani dalam melayani masyarakat dan membawa suara kebenaran. Ini mencakup pengembangan keterampilan, etika jurnalistik, dan kerja sama antar-anggota Pewarna Sulut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala bidang Bimas Kristen Kanwil Sulut yang diwakili oleh Pdt Dr Sonia Tampanguma dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada PD Pewarna Indonesia Sulawesi Utara yang terus bersinergi dengan Kanwil Agama Provinsi Sulut Bidang Bimas Kristen.

” Saya menghadiri kegiatan ini adalah yang ke empat kalinya. Sebuah bentuk penghargaan dari Pewarna Indonesia Sulawesi Utara boleh mengundang kami dalam setiap kegiatan. Kami berharap ke depannya Pewarna Indonesia Sulut sebagai Jurnalis Kristen dapat memberitakan berita yang benar sehingga lewat pemberitaan yang benar masyarakat boleh memahami dan mengerti. Sama seperti tema kali ini yakni Suara Kebenaran untuk Kemuliaan Tuhan. Tema ini tentu mengandung arti yang sangat dalam,” terang Tampanguma.

Dia berharap, Pewarna Indonesia Sulawesi Utara terus maju dan memberitakan tentang kebenaran. ” Dengan memanjatkan syukur kepada Tuhan acara Rakerda Ke-IV tahun 2023 Pewarna Indonesia Sulawesi Utara di buka dengan resmi,” ucapnya disambut tepuk tangan meriah dari seluruh peserta Rakerda.

Ketua Pewarna Indonesia Sulawesi Utara Sanfransisco Manossoh menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan semua pihak dalam suksesnya kegiatan tersebut.

“Tentunya ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Kanwil Agama Provinsi Sulut melalui Kepala Bidang Bimas Kristen yang di wakili oleh Pdt Dr Sonia Tampanguma dan juga Ketua Umum Pengurus Pusat Pewarna Indonesia Yusuf Mudjiono dan Sekretaris Jendral Pdt Ronald Stevly Onibala, MTh dan Semua pihak yang turut membantu suksesnya acara Rakerda Ke-IV tahun 2023 Pengurus Daerah Pewarna Indonesia Sulawesi Utara.,” Tutup Manossoh.

Usai pembukaan kegiatan, dilanjutkan dengan Rakerda penyusunan program kerja untuk tahun 2024 sekaligus penyampaian agenda lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *