Seruan PEREKAD Kepada Elit Politik Agar Tidak Menggunakan Politik Identitas

Jakarta wartaindo Kiprah Aliansi Perekad sudah satu tahun berjalan dan rapat pimpinan yang di gelar Rabu 8/6/22 di Sekretariat Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) Salemba Raya Jakarta Pusat. Selain memilih ketua presidium baru yang kemuddian mengangkat Pdt Drs Harsanto Adi Ketum Asosiasi Pendeta Indonsia (API) yang menggantikan Yohanes Handoyo Budhisejati ketua Umum Vox Point Indonesia.

PEREKAD juga membuat pernyataan sikap antaranya

Pertama. Menjaga agar suasana kehidupan berbangsa dan bernegara menjelang pelaksanaan Pilkada, Pileg, maupun pilpres 2024 tetap sejuk, aman, dan damai.

Kedua, Menyukseskan perhelatan Pilkada, Pileg, maupun Pilpres dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip demokrasi yang jujur, adil, dan beradab, dengan menolak politisasi agama atau identitas dan menjauhkan diri dari politik uang maupun praktek-praktek kecurangan, (kekerasan dan tindakan) lain yang tidak terpuji.

Ketiga, Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, kelompok, atau golongan, dalam hal mengajukan calon-calon anggota legislatif maupun para pemimpin eksekutif di semua tingkatan. Ajukanlah orang-orang yang memiliki integritas, kapasitas, dan dedikasi untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia.

Terakhir Mengedepankan politik adu gagasan dalam melaksanakan ajang kontestasi Pilkada, Pileg, maupun Pilpres di tahun 2024 yang menjadi momentum penting bagi terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang jaya dan raya, yaitu seperti adagium yang mengatakan “Gemah Ripah Loh Jinawi. Tata Tentrem Kerta Raharja”.

Demikian seruan atau pernyataan sikap Aliansi Perdamaian dan Keadilan yang dapat kami sampaikan. Salam Damai dan Keadilan.

Adapun Perekad sendiri terdiri dari enam lembaga antaranya  Asosiasi Pendeta Indonesia (API), Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI), Persatuan Masyarakat Kristen Indonesia Timur (PMKIT), Vox Point Indonesia (VPI), Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (PEWARNA INDONESIA), dan Persatuan Profesi Hukum Kristen Indonesia (PPHKI), mengharapkan kepada para elit politik (dan elite ekonomi) di Negara Kesatuan Republik Indinesia untuk: AM/YM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *