GAMKI Menilai Gibran Walkot Surakarta Pemimpin Muda Inklusif Toleran dan Merakyat

Wartaindo.com Jakarta Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) dan Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (PEWARNA Indonesia) temui Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, untuk mengapresiasi sejumlah kebijakan strategis, yang khususnya terkait keberagaman umat beragama dalam menjalankan ibadahnya.

Ketua Umum GAMKI, Sahat Sinurat memberikan apresiasi kepada Gibran, sebagai pemimpin yang nasionalis, terutama dalam fakta saat ini dimana radikalisme mengancam generasi muda. “GAMKI melihat kondisi saat ini masih ada generasi muda Indonesia yang terpapar dengan radikalisme. Sehingga dibutuhkan pemimpin-pemimpin muda yang nasionalis yang bisa memberikan inspirasi kepada generasi muda kita bagaimana nilai-nilai Pancasila dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Mas Gibran salah satu pemimpin muda yang menunjukkan kepemimpinan yang inklusif, toleran, dan merakyat,” jelas Sahat seusai pertemuan di kantor Walikota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (10/10/2023).

Sementara itu Ketua Umum PEWARNA Indonesia, Yusuf Mujiono mengatakan bahwa Gibran menjadi contoh pemimpin muda daerah yang mampu menjadi contoh dalam upaya menjaga dan memelihara keberagaman, khususnya di Surakarta.“Kami mengapresiasi kineja beliau yang berkomitmen menjaga keberagaman dengan memberikan ruang yang sama, bagi setiap pemeluk agama untuk merayakan hari rayanya, juga menfasilitasi ruang-ruang publik dengan simbol simbol agama yang sedang merayakan,” katanya.

Secara khusus, Gibran juga merespon dan mengapresiasi kehadiran dua ormas Kristiani tingkat nasional ini, terutama dalam memperhatikan kebijakan pemerintah daerah dalam menjagakeberagaman. “Ini sudah menjadi kewajiban seorang pemimpin untuk memberikan hak yang sama, bukan hanya memfasilitasi perayaan umat beragama tetapi juga memastikan setiap umat beragama bisa beribadah termasuk warga Kristiani,” katanya, seperti dituturkan Yusuf Mujiono.

Dalam pertemuan yang berlangsung dalam suasana hangat ini, selain Yusuf Mujiono dan Sahat Sinurat, hadir juga Sekum GAMKI Alan Christian Singkali, Panglima Brigsena GAMKI Andriyas Tuhenay, Yudhi Wong dan Julius Pengurus GAMKI Semarang dan Arron GAMKI Salatiga serta didampingi Ketua FOKSI Natsir Sahib.

(Daniel Tanamal)

 

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *