Partai Demokrat Gaungkan Semangat Pluralisme Melalui Perayaan Natal

WartaIndo.Id, Jakarta- Partai Demokrat menggelar Perayaan Natal Nasional 2022. Acara yang digelar di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta (8/1), itu dihadiri langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dalam pesannya di Perayaan Natal Demokrat, AHY menegaskan komitmen partainya yang mengusung tagline “Nasional-Religius” sebagai rumah bagi keberagaman dan diperuntukan bagi semua kalangan.

AHY lalu menceritakan bagaimana Presiden ke-6 Republik Indonesia Jenderal (Purn) Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga merupakan pendiri Partai Demokrat, secara konsisten memberikan pengajaran tentang pentingnya menjaga semangat pluralisme di tengah kemajemukan bangsa Indonesia.

“Beliau lah yang mengajarkan kepada kita semua bahwa Partai Demokrat ada untuk semua. Bukan hanya untuk sebagian kalangan, bukan hanya untuk sebagian identitas, karena memang Indonesia lengkap keberagamannya, dari Aceh hingga Papua,” ungkap AHY mengingat pesan SBY, yang turut menghadiri Perayaan Natal Nasional Partai Demokrat sedari awal.

Presiden ke-6 RI, Jenderal (Purn) Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, ketika tiba di lokasi acara Perayaan Natal Nasional Partai Demokrat Tahun 2022, Minggu sore (8/1). Foto: Onibala

Lebih dalam AHY menyampaikan, semangat natal juga menjadi inspirasi bagi partainya tentang pentingnya menjaga semangat persatuan bagi masa depan bangsa.

“Dan malam ini begitu indah, kita semua dipersatukan bukan dari mana kita berasal. Tetapi kita hadir untuk kemanusiaan, kita hadir untuk Indonesia di masa depan,” tuturnya.

Miniatur Kebinekaan

Perayaan Natal Nasional Partai Demokrat dihadiri seribuan kader Partai Demokrat yang berasal dari sejumlah wilayah di Indonesia.

Baik panitia mau pun peserta perayaan natal hadir dengan mengenakan busana adat nusantara.

Bahkan, kepanitiaan natal juga diisi oleh kader partai dari lintas agama.

Saat sesi penyalaan lilin natal dilaksanakan, prosesi tidak hanya diwakilkan oleh politisi Kristen Partai Demokrat dan tokoh gereja, namun turut diwakili oleh AHY dan Bupati Lebak Hj. Iti Octavia, SE., MM, yang merupakan politisi Partai Demokrat dari kalangan muslim.

Prosesi penyalaan lilin. Foto: Ronald

AHY kemudian menitipkan pesan kepada para kadernya terkait makna dari lilin natal itu sendiri.

“Harapannya adalah semua dari kita di Partai Demokrat dapat menjadi terang, dapat menjadi pelita di mana pun berada,” pinta AHY.

Pesan Perubahan dan Perbaikan

Natal Nasional Partai Demokrat Tahun 2022 mengusung tema “Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain,” yang diambil dari Kitab Matius 2:1-12, selaras dengan Tema Natal tahun 2022 yang diusung Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Sedangkan subtema yang diangkat berbunyi “Perubahan dan Perbaikan”.

Ketua Natal Nasional Partai Demokrat, Drs. Hendrik Halomoan Sitompul, MM, dalam sambutannya menggarisbawahi soal tema dan subtema yang diusung pada Perayaan Natal Nasional Partai Demokrat kali ini.

“Kita dapat mengambil pesan bahwa Partai Demokrat sebagai partai yang nasionalis dan relijius dapat memberikan ‘jalan lain’ untuk perubahan dan perbaikan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di negara yang kita cintai ini,” tutur legislator Demokrat yang terpilih dari Dapil Sumut I, ini.

Hendrik juga menerangkan, wujud nyata dari tagline Nasionalis-Religius direalisasikan segenap fungsionaris dan kader partai melalui penghelatan perayaan natal secara nasional.

Putra altar yang melayani sebagai Anggota Dewan ini juga mengungkap, bakti sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap masyrakat juga menjadi fokus utama dalam rangkaian Perayaan Natal Partai Demokrat setiap tahunnya.

“Dan sebagai bentuk sukacita natal, Partai Demokrat juga konsisten memberikan sumbangan dalam bentuk bakti sosial berupa sembako kepada masyarakat yang membutuhkannya tanpa memandang suku, agama dan ras,” tegas Hendrik.

Lebih dalam dijelaskan Hendrik, total sebanyak dua ribu paket sembako dibagikan kepada masyarakat di wilayah Jabodetabek pada 4 Januari lalu. Pelepasan bakti sosial tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat, AHY.

Sedangkan dua ribu paket sembako lainnya, lanjut Hendrik, turut dibagikan di lokasi perayaan.

“Paket Bakti Sosial Perayaan Natal Nasional DPP Partai Demokrat Tahun 2022 dibagikan merupakan bentuk partisipasi Fraksi Demokrat DPR-RI dengan semangat kemanusiaan,” ungkap Hendrik.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Edhie Baskoro Yudhoyono, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR-RI,” tambahnya.

Perayaan Natal Nasional Partai Demokrat ikut diisi dengan drama natal yang menceritakan sejumlah fase kehidupan Yesus Kristus selama di dunia dan persembahan pujian dari sejumlah kader Partai, salah satunya Joy Tobing.

Suasana Perayaan Natal Nasional Partai Demokrat 2022. Foto: Ronald

Selain dihadiri oleh AHY dan SBY, Perayaan Natal Nasional Partai Demokrat juga dihadiri oleh Sekjen DPP Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya, dan sejumlah tokoh partai seperti E. E. Mangindaan, Hinsa Panjaitan XIII hingga Hj. Melani Leimena Suharli.

RP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Like