Pasukan Khusus TNI dan AS Asah Kemampuan CQB di Super Garuda Shield

Wartaindo.id, Surabaya- Pasukan khusus dari TNI dan Amerika Serikat yang terlibat dalam latihan gabungan bersama Super Garuda Shield tahun 2023, menggelar latihan Close Quarter Battle (CQB) yang melatihkan taktik pertempuran jarak dekat, bertempat di Lanudal Juanda Surabaya Jawa Timur, Rabu (30/8/2023).

Latihan yang merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel dari kedua negara, melatihkan pertempuran yang dilakukan dalam jarak dekat yang bersifat agresif dan dadakan. Kecepatan, kekerasan, dan daya kejut yang luar biasa menjadi modal utama setiap prajurit khusus dalam melaksanakan pertempuran jarak dekat.

Sebelum pelaksanaan latihan CQB, prajurit Koopssus TNI dan pasukan khusus dari US, Australia dan Jepang menggelar latihan penerjunan free fall, dengan menggunakan UH60 Blackhawk dari Bandara Belimbing Sari Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan persiapan untuk melaksanakan Combat Free Fall, merupakan taktik yang dilaksanakan untuk melakukan pendekatan pada sasaran tanpa diketahui oleh lawan sehingga dapat menguasai sasaran sesegera mungkin.

Laporan Hersunu AW

Editor: Ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *