Public Expose PT.Gozco Digelar Hari Ini, Usai RUPST di Jakarta

Wartaindo.id Jakarta  Public Expose PT.Gozco Plantations Tbk hari ini digelar usai mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024, pada hari Rabu 12 Juni 2024.  rapat umum pemegang saham tahunan berlangsung di lantai 5, Gedung Gozco Pasar Minggu Jakarta dengan dihadiri oleh anggota Dewan Komisaris dan Direksi perusahaan.

Adapun dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) kali ini membahas beberapa agenda utama, antaranya pertama, persetujuan Laporan Tahunan Perseroan termasuk Pengesahan Laporan Keuangan Tahunan dan Laporan Pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2023. Dan persetujuan Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan Tahun Buku 2023.

Agenda-agenda ini merupakan bagian dari kegiatan rutin RUPS Tahunan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar Perseroan dan Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT).
Dewan Komisaris dan Direksi yang Hadir, antaranya Presiden Komisaris: Tjandra Mindharta Gozali, Komisaris: Dr. Harijanto, Komisaris Independen: Jazid, Presiden Direktur: Kreisna Dewantara Gozali, Direktur Perkebunan & Teknik: Andrew Michael Vincent, Direktur Umum & Personalia: Jamal Rosyidin Hakki

Dalam paparannya, Direktur Perkebunan & Teknik, Andrew Michael Vincent, menyampaikan bahwa dokumen dan informasi yang disajikan oleh PT Gozco Plantations Tbk belum diverifikasi secara independen dan tidak ada jaminan atas keakuratan, kelengkapan, atau kebenaran informasi yang diberikan. Informasi ini disampaikan hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan ajakan untuk membeli atau menjual sekuritas.

Sekilas tentang perkembangan perusahaan

PT Gozco Plantations Tbk telah melalui berbagai fase penting dalam industri kelapa sawit. Beberapa pencapaian penting meliputi: pada tahun 2003: Akuisisi PT Suryatrute Agrutonggang dengan lahan 8.000 ha. Tahun 2006: Akuisisi PT Golden Blossom Sumatra. Tahun 2010: Peningkatan kapasitas PKS menjadi 45 MT/jam di PT Golden Blossom Sumatra. Tahun 2014: Peluncuran Gozco Academy untuk pelatihan karyawan. Tahun 2020: Dampak pandemi COVID-19 mengurangi aktivitas perusahaan, tetapi pemulihan mulai terlihat dengan adanya program vaksinasi. Tahun 2022: PT Suryabumi Agrolanggeng memulai persiapan replanting untuk tanaman yang baru.

Rencana Belanja Modal 2024
Rencana belanja modal (Capex) tahun 2024 meliputi: 1. Penanaman baru, replanting, dan perawatan tanaman: Rp 61 miliar. Investasi pembelian aset tetap: Rp 88 miliar Total anggaran belanja modal untuk tahun 2024 adalah Rp 149 miliar.

Laporan Keuangan
Yongki Tedja, Direktur Keuangan, Pajak & Akuntansi,Yongki Tedja, Direktur Keuangan, Pajak & Akuntansi, menyampaikan laporan kinerja keuangan perusahaan untuk tahun 2023. Beberapa poin penting yang disampaikan meliputi:
Pertama, aset lancar: Rp 572 miliar, terdiri dari kas, setara kas, dan investasi.
Total aset: Rp 2,1 triliun, terdiri dari tanaman kebun, aset tetap, dan lainnya.

Liabilitas jangka pendek: Rp 345 miliar.
Liabilitas jangka panjang: Rp 600 miliar.
Total ekuitas: Rp 1,16 triliun
Target dan Rencana 2024

Krisna Dewantara Gozali, Presiden Direktur, menyampaikan bahwa target produksi untuk tahun 2024 akan mengalami penurunan dibandingkan 2023 karena perusahaan mulai melakukan replanting. Investasi yang direncanakan mencakup penanaman baru dan perawatan sebesar Rp 61 miliar, dengan fokus pada wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Jurnalis Novi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *