Gardu Budaya Gelar Talkshow Transformasi Digital Budaya di Rumah Dinas Walikota Surakarta

Wartaindo Solo Yayasan Gardu Budaya Nusantara gelar talkshow transformasi digital budaya, di loji gandrung Rumah dinas walikota surakarta pada tanggal 3 April 2023.

Acara Talkshow ini bekerjasama dengan komunitas yang tergabung pada Warso Warga Solo, dan mengusung tema : Membangun Surakarta dengan strategi kebudayaan. acara dihadiri oleh aktivis dan inovator 4.0 Budiman Sujatmiko, Peneliti dan pegiat transformasi digital budaya. Vande Leonardo, dan sosilog Universitas Negeri Sebelas Maret Akhmad Ramdhon.

Pada sambutannya direktur eksekutif Gardu Budaya Nusantara Muhammad Natsir Sahib, menegaskan paska terbentuknya UU pemajuan kebudayaan no 5 tahun 2017 dan perpres 114 tahun 2022 menandakan keseriusan pemerintah dalam bidang kebudayaan.

Maka oleh sebab itu perlu terobosan kongkrit dalam menjalankan amanat UU dan Perpres dalam bentuk berkolaborasi mewujudkan kebijakan nyata yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Ajak Muhammad Natsir Sahib.

Natsir Menegaskan, bila kebudayaan tidak dikerjakan dengan serius jangan salahkan bila problematika kebangsaan terus terjadi, Problematika tersebut adalah bukti ketidak seriusan kita dalam menjadikan kebudayaan sebagai dasar kebijakan.

Budaya harus menjadi dasar dari kebijakan sebuah bangsa sebagaimana mestinya karena budaya adalah nilai dan kaidah hidup dalam tindakan kebangsaan, tegas Direktur Eksekutif Gardu Budaya Nusantara tersebut.

Dalam talkshow transformasi digital budaya, Budiman Sujatmiko aktivis inovator 4.0 yang juga politisi yang melahirkan UU Desa menyampaikan bahwa strategi budaya adalah kunci kemajuan bangsa, Indonesia masih harus banyak berbenah dalam mewujudkan strategi kebudayaan.

Menurutnya dimana metodologi, teknologi, pengorganisasian dan manajemen kebudayaan kita masih jauh dari yang diharapkan.

Sebagai bangsa yang kaya akan budaya mengapa kebudayaan kita belum bisa mendunia, ada kesalahan manajemen strategi kebudayaan. maka kedepan urusan kebudayaan harus mampu mempertahankan eksistensi sebuah bangsa melalui strategi kebudayaan.

Budiman menegaskan bahwa dengan strategi kebudayaan kedepan Presiden harus menjadi panglima strategi kebudayaan dan kebudayaan harus menjadi nyawa bukan sektor. kebudayaan adalah nyawa yang harus hidup dalam setiap sektor. baik pendidikan, sektor teknologi, sektor pertahanan, dan seluruh sektor kebangsaan.

Budiman Menambahkan Bahwa Indonesia sebagai bangsa yang kaya akan budaya baru berada pada level eksistensi, seharusnya sebagai sebuah bangsa yang memiliki kekayaan budaya, maka bangsa ini harus mampu menjadi bangsa yang menghegemoni dengan kebudayaan. tegas Aktivis 98 tersebut.

Budiman mengatakan bahwa Indonesia memiliki sebuah modal dasar menjaga kebudayaan karena masyarakat memiliki sifat kelenturan dan sikap menghargai budaya. oleh sebab itu kedepannya strategi kebudayaan bangsa kita harus memiliki budaya harus di topang oleh sains dan teknologi

Selaras dengan Budiman Sujatmiko Vande Leonardo peneliti kebudayaan dan pegiat transformasi digital budaya tersebut mengatakan kebudayaan harus mengedepankan sains dan teknologi .

Kebudayaan kita yang besar dan sejak dahulu erat kaitannya dengan sains yang dinarasikan maka budaya bukanlah masa lalu tapi budaya adalah masa depan.

Strategi kebudayaan kedepan harus berjalan seriringan dengan sains dan teknologi. bayangkan Indonesia sebagai bangsa yang sangat kaya akan kebudayaan memiliki 700 an bahasa 10% dari bahasa yang ada Di dunia namun terancam punah.

Selain bahasa, kita memiliki berbagai macam motif Pakaian, makanan hingga Tarian dan kesenian. namun banyak budaya kita yang terancam punah maka penting bagi kita untuk melakukan pendataan budaya hal inilah yang di lakukan oleh perpustakaan digital budaya Indonesia sejak 2007 silam. Tegas Vande Leonardo

Vande menegaskan bahwa Budaya adalah cara bagaimana kita bertahan hidup atau gaya hidup yang berbeda beda disetiap tempat karena berbagai faktor sehingga itulah yang menjadi sebuah ilmu.

Pendataan digital menjadi penting sebagai bagian dalam eksistensi budaya bangsa kepada dunia dengan cara pendekatan sains karena sains adalah bahasa universal dan dunia mengetahui bahwa bangsa kita adalah bangsa yang besar dengan peradaban yang sangat luhur sehingga seluruh orang di dunia ini dapat terinspirasi oleh budaya kita, ungkap Vande Leonardo.

Selain Budiman dan Vande, Akhmad Ramdhon sosiolog Universitas Negeri Sebelas Maret juga mengisi kegiatan tersebut.

Dosen UNS Ini mengatakan bahwa mandat undang undang harus dijalankan oleh presiden bahwa uu pemajuan kebudayaan dan perpres strategi kebudayaan ini menjadi sebuah terobosan yang di lahirkan diera kepemimpinan Ir. Joko Widodo.

UU Pemajuan kebudayaan dan perpres strategi kebudayaan menjadi sebuah jalan baru dalam proses perjalanan bangsa yang mengalami perbaikan dimana saat ini daerah bisa menentukan kebijakan dalam pembangunan dan strategi kebudayaan akan mampu menjadi perbaikan yang lebih baik lagi.

Sosilog UNS ini menjelaskan perjalanan panjang surkarta dalam dekade tahun 1990an hingga saat ini perjalanan panjang yang berliku membuat bangsa kita berbenah dengan gagasan desentralisasi.

Perjalanan panjang kota Solo sebagai kota budaya menjadi tantangan tersendiri dengan dinamika dan perjalanan sejarah maka agenda kita saat ini dengan Perpres 114 tahun 2022 untuk berkolaborasi bersama membangun kota dengan gagasan kebudayaan dan terlibat dalam memaknai budaya dengan dimensi yang sangat intens, karena kebudayaan adalah praktik yang kita hadiri sebagai tanggung jawab warga masyarakat akan kemajuan bangsa dan kota. ajak penulis buku Kampung (Kota) Kita tersebut

Acara yang dihadiri oleh ratusan masyarakat kota Surkarta ini dimeriahkan oleh MC dan moderator dari bakar produktion kelompok pegiat seni ketoprak ngampung Surkarta.

Diakhir kegiatan dinas kebudayaan dan pariwisata siap bekerjasama untuk mewujudkan digitalisasi budaya serta dinas kebudayaan pariwisata berkomitmen mewujudkan pelestarian budaya dan pemajuan kebudayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *