Sembilan Mantan Pimpinan KPK Mengingatkan Presiden Jokowi Tentang Calon Pimpinan KPK

Wartaindo.id Jakarta Sembilan orang mantan pimpinan KPK mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi, yang isinya mengingatkan panitia seleksi (Pansel) untuk menyeleksi calon pimpinan KPK dan anggota Dewan Pengawas KPK, agar tidak diisi oleh orang sembarangan.

Dalam suratnya, mereka menyinggung soal situasi pemberantasan korupsi di Indonesia kian mengkhawatirkan sejak beberapa waktu terakhir, juga berbagai kasus di tubuh KPK belakangan ini. Sembilan orang itu adalah Erry Riyana Hardjapamekas, Mochamad Jasin, Mas Achmad Santosa, Busyro Muqoddas, Adnan Pandu Praja, Abraham Samad, Laode M Syarif, Basaria Panjaitan, dan Saut Situmorang.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan, Presiden belum memutuskan nama tokoh-tokoh yang menjadi calon anggota Pansel KPK.

Nama-nama itu masih digodok. Menurut Ari, Presiden memastikan pembentukan dan penetapan Pansel KPK 2024 adalah untuk memperkuat KPK dan sistem pemberantasan korupsi di Indonesia. Pansel bertugas menyeleksi para calon pimpinan KPK, sebelum diserahkan kepada DPR untuk fit and proper test.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *